Scaffolding : how to create aplication via simple command line

Dalam menyusun website ini, bagian inilah yang tidak sabar untuk di publish. Ini adalah bagian dimana FuelPHP menjadi tool yang sangat powerfull. Karena dapat membangun aplikasi hanya melalui command line.Tidak perlu coding menggunakan text editor.Cukup 2 baris Command Line. Text Editor dibutuhkan hanya untuk modifikasi saja.

Scaffolding sendiri merupakan bagian dari Oil (salah satu package dari FuelPHP). Scaffolding terinspirasi oleh Rails dalam pemrograman Ruby. Untuk lebih lengkap mengenai Oil dan penggunaannya dapat merujuk ke dokumentasi offline maupun online.

Hal yang musti diingat adalah, FuelPHP sudah terinstall dan sudah dikoneksikan dengan database. Bagaimana caranya dapat dibuka pada artikel Database Setting in FuelPHP.

Bayangkan apabila kita hendak membuat suatu aplikasi mengenai identitas mahasiswa. pasti kita akan terpikirkanbeberapa hal antara lain sebagai berikut:

  1. data mahasiswa akan kita simpan dalam tabel mahasiswa
  2. setiap mahasiswa akan memiliki nama disimpan dalam varchar[255]
  3. setiap mahasiswa akan memiliki nim disimpan dalam varchar[255]. Atau bisa bebas
  4. atribut2 lain silahkan dipikirkan sendiri. Namun untuk tutorial ini cukup sampai disini.
  5. Kemudian kita hendak membuat aplikasi web yang bisa menampilkan daftar mahasiswa, menambah data mahasiswa, mengedit apabila ada kesalahan, ataupun menghapus data mahasiswa tersebut.

cmd scaffold migrate

Bisakah kita membayangkan bagaimana cara membuat aplikasi tersebut melalui coding sebagaimana biasanya menggunakan text editor. dijamin ribet…., belum lagi seandainya terjadi kesalahan syntax ataupun logika. pasti membutuhkan waktu yg relatif lama bergantung pengalaman masing-masing orang.

Nah…, disinilah scaffolding memiliki andil yang sangat bermanfaat di dalam menyingkat waktu pembuatan aplikasi.

Oke…, langkah2 yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. pertama2 buka command prompt (dos) melalui Start ->run->cmd
  2. masuk ke folder instalasi fuelphp kita “cd c:\xamppbaru\htdocs\fuelphp
  3. gunakan fungsi scaffold untuk membuat aplikasi web dengan syntax sebagai berikut “c:\xamppbaru\php\php oil g scaffold mahasiswa nama:varchar[255] nim:varchar[255]
  4. gunakan fungsi migrate untuk membuat database yang diperlukan dengan syntax sebagai berikut “c:\xamppbaru\php\php oil r migrate
  5. sudah cukup…,

Sederhana bukan.., dengan 2 baris perintah di atas (scaffold dan migrate) kita sudah membuat aplikasi dengan tampilan yang cantik. Tapi apa iya hanya sesederhana itu.., oke sekarang buka browser lalu ketikkan http://localhost/fuelphp/public/mahasiswa

tampilan mahasiswa

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s