Step1 – Getting Ready (Why we use it?)

Tutorial dengan kategori  FuelPHP From Scratch Series Bahasa Indonesia ini merupakan panduan membangun aplikasi menggunakan FuelPHP. Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui apa itu Fuel PHP, apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan FUelPHP, bagaimana instalasi, setting database dll dapat merujuk pada seri Basic Knowledge.

Pada langkah awal ini akan dijelaskan, salah satu problematika pekerjaan keseharian yang dapat dijumpai sehari-hari. Tuntutan kuliah ataupun pekeraan menyebabkan kita harus lebih “kreatif” memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Begini contohnya.

Kasus:

Sebagai seorang staff, saya diminta untuk membuat usulan penerima beasiswa dengan format tertentu sesuai aturan. Usulan berupa form yang menyimpan data informasi mahasiswa yang berbeda , namun memiliki format yang sama. oke bagaimana cara mengerjakannya? adakah cara yang gampang, mudah dan cepat.

Sebagai pilihan pertama, tentu kita dapat membuat kwitansi tersebut menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dengan fitur mail merge. Trust me.., it works. itupula yang selama ini saya lakukan. Microsoft Word dengan kemudahannya menjadi pilihan pertama.

Kemudian masalah berikutnya muncul. Departemen lain ingin mengetahui form hasil cetak dari beberapa mahasiswa . Apabila kitamenggunakan MsWord, maka kita bisa mencari file tersebut, mencetak ulang kemudian mengirimkan hasil print-out ke bagian yang meminta. Okay.., that’s a solution.

Kemudian departemen yang lain lagi membutuhkan data rekapitulasi, seperti berapa jumlah penerima untuk beasiswa X  selama bulan Januari – Juni tahun ini, serta siapa saja penerimanya.  oke print ulang, kalau perincian tidak ketemu  kita cari hardcopy-nya. .., Hadeh.., semakin kompleks bukan.

Terus.., kebetulan kita sedang rapat di luar, kemudian bagian lain menelepon untuk meminta data penerima beasiswa SEGERA…, melalui email? Cloud Storage? sounds easy but we’re not only doing it. dengan semakin berjalannya waktu ternyata kita hanya disibukkan dengan masalah mencari data. Padahal pekerjaan lain yang seabrek sudah menunggu.

Bagaimana kalau sekarang seperti ini.., kita buat aplikasi yang nantinya secara  online dapat membuat serta mencari data yang mereka butuhkan. Disaat kita sedang tidak ada di tempat pun, mereka tetap bisa membuka data tersebut.

Terdengar lebih menyenangkan bukan, karena kita tidak lagi harus mencari berkas. Apabila suatu bagian menyanyakan suatu data penerima beasiswa, maka cukup jawab, coba cari melalui aplikasi, dan selesai. Bayangkan berapa waktu dan tenaga  yang dihemat.

So that’s the introduction…., bahwa kita bisa menggunakan pengetahuan untuk lebih memudahkan hidup kita.

One thought on “Step1 – Getting Ready (Why we use it?)

  1. hehehe ada juga yang posting ttg fuel PHP….awalnya aq jg pengguna Code Igniter dah buat website nya jg…tp sayang CI dah gak dikembangin lagi …alu pindah ke Kohana Framework..turunan CI juga..tapi sayang dokumentasi nya sangat menyedihkan….akhirnya nemu Fuel PHP yang lebih cocok….mirip CI dan juga pengembangannya oleh komunitas…forum di FuelPHP cepat sekali respon-nya..akhirnya segera langsung hijrah ke fuel PHP..mudah-mudahan blog ini jadi awal berkembanganya fuel php di indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s